Order Wa 0858-5314-7511 Alternatif Pakan Jangkrik Dari Limbah Sayuran

Alternatif PAKAN JANGKRIK dari LIMBAH SAYURAN-Kuantitas dan kualitas produksi ternak jangkrik banyak dipengaruhi oleh tersedianya pakan, baik secara kualitas serta kuantitasnya. Ketika beternak jangkrik di kawasan perkotaan yang padat penduduk, tentunya sangat sulit sekali mencari daun-daunan ataupun jenis pakan lain yang sanggup dipakai sebagai pakan jangkrik. Oleh lantaran itu, perlu dicarikan alternatif pengganti daun-daunan dan jenis pakan lain. Salah satu alternatif untuk pakan jangkrik ialah limbah sayuran yang banyak tersedia di pasar. 

Ada majemuk jenis limbah sayuran di pasar yang bisa dipakai sebagai pakan ternak jangkrik diantaranya ialah limbah sawi putih, limbah bayam, limbah daun kembang kol, limbah kulit toge serta limbah daun kol atau kubis. 
Alternatif PAKAN JANGKRIK dari LIMBAH SAYURAN Order WA 0858-5314-7511 Alternatif PAKAN JANGKRIK dari LIMBAH SAYURAN

Disini kita akan mengulas mengenai limbah-limbah sayuran yang sanggup dipakai sebagai alternatif pakan jangkrik. Diantaranya ialah sebagai berikut : 

LIMBAH SAWI
Jenis limbah sawi yang banyak di pasaran yaitu limbah sawi hijau/caisim dan sawi putih. Sawi mempunyai kadar air yang cukup tinggi, mencapai lebih dari 95%, sehingga umumnya sawi cenderung diberikan pada jangkrik yang masih berumur 0-15 hari. Jika akan diberikan pada jangkrik, terlebih dahulu sawi harus dilayukan/dijemur atau dikering-anginkan untuk mengurangi kadar airnya. Nilai energi dan protein kedua jenis sawi ini, berada pada kisaran 3200 – 3400kcal/kg dan 25 – 32 g/100g.

LIMBAH SAYUR KOL atau KUBIS
Limbah kol atau kubis yang didapatkan di pasar, merupakan bab kol hasil penyiangan. Limbah kol di Pasar Induk Kramat Jati, sanggup mencapai 17,2% dari total jumlah kol yang masuk setiap hari. Kol juga termasuk sayuran dengan kadar air tinggi(> 90%) sehingga gampang mengalami pembusukan/kerusakan.

LIMBAH KULIT KECAMBAH TAOGE
Kulit kecambah taoge pada umumnya menjadi limbah di pasar-pasar tradisional. Belum banyak orang yang memanfaatkan kulit kecambah taoge, hanya sebagian kecil orang yang memanfaatkan kulit kecambah taoge untuk gabungan pakan itik. Dari banyak sekali jenis limbah organik pasar yang pernah dipakai dalam pengkajian tepung limbah organik pasar, kulit toge merupakan jenis limbah yang paling berpotensi untuk menambah kadar protein pada pakan jangkrik. Pengeringan dengan memakai sinar matahari hanya membutuhkan waktu rata-rata 2 hari, dengan kadar air 65 –70%. Dari hasil analisa, tepung kulit kecambah toge sanggup menjadi salah satu pakan sumber energi, dengan kandungan energi metabolis sebesar 3737 kcal/kg. dan itu sangat elok untuk pakan jangkrik mulai umur 20 hari hingga panen

LIMBAH DAUN KEMBANG KOL
Daun kembang kol merupakan bab sayuran yang umumnya tidak dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Meski demikian, hasil analisa memperlihatkan bahwa tepung daun kembang kol mempunyai kadar protein yang cukup tinggi, yaitu 25,18 g/100g dan kandungan energi metabolis sebesar 3523 kcal/kg.

Limbah sayuran akan bernilai guna untuk pakan jangkrik jikalau dimanfaatkan melalui pengolahan. Limbah sayuran ini tidak sanggup diberikan pribadi untuk jangkrik, lantaran biasanya masih mengandung pestisida atau insektisida yang menempel.



Alternatif PAKAN JANGKRIK dari LIMBAH SAYURAN Order WA 0858-5314-7511 Alternatif PAKAN JANGKRIK dari LIMBAH SAYURAN

Cara menawarkan limbah sayuran pada jangkrik ialah sebagai berikut :

1.    Cuci higienis memakai air mengalir, 2-3x. hal ini bertujuan semoga limbah terbebas dari pestisidan dan insektisida. Selain itu pembersihan juga bisa meminimalisir pembusukan yang tentunya akan memperpanjang waktu santunan pakan tersebut di box jangkrik.
2.    Setelah dicuci, tiriskan dan angin-anginkan terlebih dahulu. Untuk sayuran yang mengandung kadar air diatas 80%, penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 hari, semoga kadar air dalam pakan berkurang.
3.    Selain diberikan dalam bentuk sayuran segar, limbah sayuran ini sanggup juga diolah menjadi tepung. Pengolahan limbah sayuran menjadi tepung merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang masa simpan, dimana kandungan kadar airnya rendah sehingga kegiatan air yaitu jumlah air bebas yang sanggup dimanfaatkan oleh mikroorganisme sedikit jumlahnya. Hampir semua jenis limbah sayuran sanggup diolah menjadi tepung.

Sumber : petani-kampung-ndeso.blogspot.com/2015/.../limbah-pasar-sebagai-pakan-alternatif.h...

Comments

Popular posts from this blog

Order Wa 0858-5314-7511 Bibit Telur Jangkrik Kepahiang

Order Wa 0858-5314-7511 Penyebab Jangkrik Pertumbuhannya Lambat